Cara Pandang ketika Website Anda tidak bisa diakses

Adakalanya website tiba-tiba tidak bisa diakses, bisa jadi tampilannya sama sekali tidak muncul, atau bisa jadi muncul tulisan This page can’t be displayed, ataupun pesan error lainnya, sementara itu penyebab tidak bisa diaksesnya sebuah website cukup beragam, adakalanya disebabkan oleh gangguan koneksi internet, gangguan di sisi server maupun di sisi website, dan bahkan disebabkan oleh gangguan di sisi perangkat pengguna itu sendiri.

Tulisan ini dibuat untuk membantu siapapun yang ingin menjelaskan mengenai bagaimana duduk perkara dan cara pandang ketika sebuah website tidak bisa diakses, terutama bagi para web developer yang mungkin sering menjadi sasaran komplain oleh klien nya ketika website yang mereka kembangkan tidak bisa diakses, sementara gangguan belum tentu terjadi di sisi websitenya.

Saya ingin menggambarkan terlebih dahulu bagaimana proses perjalanan Anda mengakses sebuah website supaya Anda paham bagaimanakah runutan cerita bisa diaksesnya sebuah website:

picture by TemanWeb

Ilustrasi gambar dibuat oleh TemanWeb

 

Gambar ilustrasi di atas menunjukkan bagaimana proses Anda mengakses website Anda mulai dari perangkat yang Anda gunakan hingga terhubung ke website Anda. Dari gambar tersebut ada beberapa titik yang harus diperhatikan yaitu:

  1. Perangkat yang Anda gunakan baik itu PC, Notebook maupun Handphone.
    Di titik ini aktor utamanya adalah Anda sendiri.
  2. Koneksitas perangkat Anda dengan jaringan lokal di tempat Anda berada baik melalui Wi-Fi maupun kabel.
    Di titik ini aktor utamanya adalah Anda dan administrator jaringan lokal di tempat Anda berada.
  3. Koneksitas jaringan lokal dengan jaringan Internet melalui ISP (Internet Service Provider) seperti misalnya Telkom Indihome, First Media, Indosat, dan lainnya.
    Di titik ini aktor utamanya adalah Anda dan perusahaan penyedia jasa internet.
  4. Server Hosting yang terkoneksi dengan Internet, tempat Anda menyimpan source code dan database website.
    Di titik ini aktor utamanya adalah Anda dan perusahaan penyedia jasa web hosting.
  5. Website Anda, baik website statik, berbasis wordpress maupun platform lainnya.
    Di titik ini aktor utamanya adalah Anda dan pihak pengembang website atau web developer.

Dari 5 titik di atas, saya berharap Anda mulai memahami cara memandang permasalahan ketika website Anda tidak bisa diakses.

Cara Menganalisa Permasalahan

Berikut ini adalah beberapa kondisi dan alternatif solusinya:

Kondisi 1: Anda tidak bisa mengakses website dengan browser tertentu via WiFi di kantor 
Coba akses dengan browser lainnya seperti Google Chrome, Safari, Mozilla Firefox. Jika bisa diakses dengan browser lain, maka persoalan ada di sisi browser yang Anda gunakan sebelumnya.

Tips: Hindari penggunaan browser Internet Explorer. Tidak perlu saya jelaskan alasannya karena terlalu banyak.

Kondisi 2: Anda tidak bisa mengakses website Anda dengan berbagai macam browser yang Anda miliki
Coba akses website lain, misalkan google.com, facebook.com maupun lainnya. Jika website lain bisa dibuka maka kemungkinan ada permasalahan di sisi server ataupun website. Jika website lain pun tidak bisa diakses, coba akses website Anda dan website lain dari komputer lain atau perangkat lain.

Kondisi 3: Anda tidak bisa mengakses website Anda maupun website lain dari komputer lain dalam jaringan lokal yang sama.

Coba akses website dengan ISP lain, misalkan Anda mengakses website via Handphone yang memiliki paket data, pastikan akses via handphone tidak melalui jaringan wi-fi kantor namun langsung ke jaringan operator seluler.

Jika bisa diakses dengan ISP lain, maka permasalahan bisa jadi berada di sisi koneksi internet di kantor Anda atau nomor IP Address kantor Anda terblokir di server hosting. Terkadang karena salah mengisi password ke control panel server maupun email di hosting server selama beberapa kali menyebabkan nomor IP Address kantor Anda diblokir oleh server hosting.

Untuk mengetahui terblokir atau tidaknya IP Address kantor Anda, dengan asumsi server Anda menyediakan Cpanel, cobalah buka alamat: http://alamatwebanda/cpanel. Jika muncul halaman login, maka IP address kantor Anda tidak terblokir, jika tidak muncul halaman login, maka ada kemungkinan IP address kantor terblokir.

Jika IP kantor terblokir, maka langkah solusinya adalah
– Lihat nomor IP publik kantor Anda, caranya akses whatismyip.com dan catat nomor IP nya.
cek ip
– Hubungi perusahaan penyedia hosting untuk membuka pemblokiran terhadap nomor IP tersebut, bisa melalui telepon, email atau umumnya via ticket yang tersedia di client area.

Kondisi 4: Anda tidak bisa mengakses website dalam kondisi perangkat tidak ada masalah, website lain bisa diakses, IP Address tidak terblokir, koneksi Internet tidak bermasalah.

Untuk kondisi seperti ini, maka ada 2 kemungkinan penyebabnya yaitu hosting server sedang bermasalah atau script atau kode website Anda bermasalah. Ini tergantung pesan eror yang muncul di halaman website.

Solusi yang bisa saya sampaikan dalam tulisan kali ini adalah hubungi pihak pembuat website/Web Developer ataupun Technical Support penyedia jasa web hosting yang akan membantu Anda menganalisis penyebabnya.

Mohon maaf saya tidak bisa menjelaskan lebih lanjut karena kemungkinan-kemungkinan permasalahannya bisa jadi sangat beragam, paling tidak dengan adanya tulisan ini diharapkan pengguna mulai bisa memahami duduk persoalannya dan bisa melakukan pengecekan awal di sisi perangkat maupun koneksi internet di tempat mereka mengakses website sebelum komplain ke pihak pengembang website maupun penyedia jasa web hosting.

Semoga bermanfaat 🙂

0 Likes
4087 Views

You may also like

1 Response Comment

  • Achmad albarFebruary 7, 2017 at 9:46 pm

    Mantap ulasannya mas. Baru baca ni artikel.

    Reply

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.