Kurikulum Pembelajaran Web versi WaSP Interact

Bagi Anda yang sedang menyusun ataupun mengembangkan kurikulum pembelajaran web baik untuk di SMK jurusan Multimedia maupun Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), ataupun untuk di lembaga kursus, proyek kurikulum WaSP InterACT bisa dijadikan salah satu referensi yang bagus dalam menyusun kurikulum pembelajaran web dengan harapan adanya peningkatan kualitas SDM yang dihasilkan sehingga mampu bersaing di dunia industri web yang akhir-akhir ini sedang booming.

Proyek Kurikulum WaSP Interact dimulai pada awal tahun 2008 dengan menginisiasi adanya satuan tugas (Task Force) untuk Web Standards Project’s Education. Proyek Kurikulum WaSP Interact berupaya untuk meringankan tantangan sekolah di seluruh dunia untuk menghadapi saat dimana mereka mempersiapkan siswa mereka berkarir di dunia Web. WaSP Interact adalah kurikulum hidup yang dirancang untuk mengubah dan mengikuti perkembangan dunia industri yang bergerak cepat. Kursus dibagi menjadi enam track belajar yang memberikan para siswa dengan dasar yang berpengetahuan luas dalam banyak aspek dalam dunia desain web yaitu:

  1. Foundation/dasar,
  2. Front-End Development,
  3. Design,
  4. User Science,
  5. Server Side Development dan
  6. Professional Practice.

Setiap kursus di WaSP Interact ini berpusat di sekitar inti set kompetensi dimana peserta didik harus menguasainya untuk menerima kelulusan. Semua tugas, dan soal-soal ujian mengikat kembali ke kompetensi tersebut sehingga pendidik dan pelatih dapat lebih mudah menilai kemajuan masing-masing siswa.

interact1

Halaman informasi kursus – Internet Fundamental

Setiap materi kursus menyajikan informasi pengantar termasuk didalamnya menjelaskan tentang persyaratan untuk mengikuti kursus, rekomendasi buku bacaan dan teknologi yang dibutuhkan oleh peserta belajar.

Selain informasi pengantar, WaSP InterACT juga menampilkan informasi tentang kompetensi, penugasan, pertanyaan untuk ujian, bahan-bahan belajar, modul pembelajaran dan kontributor yang berkontribusi terhadap penyusunan kurikulum.

Framework Kurikulum

WaSP InterACT menyajikan framework kurikulum dimana semua kursus dikelompokkan menjadi disiplin profesional untuk memberikan ide yang jelas tentang tingkat pendidikan. Kita bisa melihat tahapan-tahapan belajar di tiap track. Framework ini bisa diunduh secara gratis dalam format PDF di alamat http://teach.webstandards.org/curriculum/framework/.

Framework Kurikulum Web

Framework Kurikulum Web

Proyek ini dilakukan oleh sebuah kelompok pendidik dan pakar dari dunia industri yang telah mendedikasikan diri menghabiskan banyak waktu mengembangkan kurikulum ini, dan masih sibuk menuangkan hati mereka ke program studi baru hingga sekarang.

URL Website: http://teach.webstandards.org/

0 Likes
2235 Views

You may also like

1 Response Comment

  • ZaemakhrusJanuary 4, 2016 at 11:08 am

    Terima kasih informasi Kurikulum Website nya

    Reply

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.